Selasa, 17 Februari 2015

Jalan Tak Ada Ujung

-          Pengarang       : Mochtar Lubis
-          Penerbit           : yayasan obor Indonesia
-          Keterangan      :            - Cetakan pertama tahun 1952
- Cetakan ketiga sampai dengan kedelapan di terbitkan oleh Pt. Dunia Pustaka Jaya
- Cetakan ke- 1 : yayasan obor Indonesia April 1992
- Cetakan ke- 4 : januari 2001

Novel ini menceritakan tentang guru isa, hazil, Fatimah dan para pemuda dalam berjuang melawan penjajah yang ingin kembali menguasi Indonesia setelah kemerdekaan. Guru isa adalah seorang guru yang mengajar di sebuah sekolah di Tanah Abang. Dia mempunyai seorang istri bernama Fatimah. Namun keharmonisan mereka terasa hambar setelah guru isa mempunyai penyakit impotensi. Fatimah tidak pernah lagi merasakan kasih saying dari seorang suai secara batin. Ekonomi nya pun juga buruk karena penghasilan guru isa tidak menentu sampai suatu ketika dia harus  terdesak mencuri buku di sekolah tempat ia mengajar.
Guru isa mempunyai karakter berjiwa seni, dia juga sangat lembut dan tidak menyukai kekerasan serta penakut dan cinta damai. Berbeda dengan hazil, sahabat guru isa yang kebetulan mempunyai hobby yang sama yaitu memainkan alat music biola. Hazil lebih berwatak dinamis serta pemberani dan pandai bergaul. Namun di dalam ketakutan  nya dalam menghadapi belanda, ia sering membantu hazil dalam berperang.
Mereka berdua sangat akrab. Saking akrab nya hazil bebas keluarmasuk rumah guru isa. Inilahawal perselingkuhan fati,mah dengan hazil. Namun perse;lingkuhan tersebut tidak berlangsung lama. Perselingkuhan ini di ketahui oleh guru isa, tetap[I guru isatidak mempunyai kebneranian lebih untuk menegur Fatimah dan hazil. Saat guru isa membant uperang hazil dan para pemuda lain nya. Guru isa sangat ketakutan dan akhir nya ia di tangkap oleh belanda. Karena kasihan melihat guru isa, hazil mengakui semua kesalahan yang telah di lakukannya bersama istri nya. Namun saat itualah guru isa menjadi orang yg kuat dan tegar.
Novel ini sangat lah pentinmg untuk dibaca. Karena buku ini membahas tentang perjuangan pada masa lampau. Namun sisi lain novel ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan nivel ini sendiri terdapat setting yang sangat kuat dan penokohan yang amat baik. Serta alaur yang sangat menarik untuk di baca. Alur dari cerita ini sendiri menggunakan alur maju. Situasi nya pun di ceritakan secara mendetail. Kekurangan adalah bahasa nya yang masih menggunakan sastra lama yang sedikit kurang di mengerti oleh pembaca.
Amanat novel ini jadilah orang yangpemberani dalam menghadapi situasi apapun dan berjuang atas nama kebenaran. Dari novel ini dapat di simbulkan juga bahwa seberani apapun orang pasti mempunyai ketakutan dan setakut apapun orang dalam menghadapi situasi berat pasti mempunyai keberanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar