Selasa, 17 Februari 2015

Upacara



-          Pengarang       : Korrie Layun Rampan
-          Penerbit           : Pt. Gramedia Widisarana Indonesia
-          Keterangan      : -         Cetakan pertama tahun 2007
  -                Cetakan kedua tahun 2014

Novel ini menceritakan tentang si ”aku” sebagai orang dayak. Novel ini juga bercerita tentang adat dan upacara-upacara yang dilakukan orang dayak. Missal saja tokoh ”aku” sedang sakit. Maka dilakukan lah upacara yang di sebut Anan  La Lumut yaitu upacara perjalanan ke surge. Upacara ini sendiri di lakukan dengan berbagai ritual yang di dampingii oleh seorang dukun orang dayak.sedabgkan upacara kematian biasa di sebut dengan kewangkey. Nalun talun adlah upacara pesta tahunsn, yaitu upacara persembahan kepada para dewata.
Buku ini juga menguak fenomena yang terjadi di masyarakat. Dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh orang asing yang bernama tuan smith. Saat itu dia mengajarkan sebuah agama keprcayaan nya. Namun masyarakat suku dayak menolak dengan keras agama tersebut. Danbanyak sekali pekerja penebang pohon yang sudah di kontrak menikahi para gadis desa tersebut. Namun setelah masa kontrak kerja di tempat tersebut habis maka pula para pekerja juga meninggalkan wanita-wanita dayak yang telah di nikahi nya.
Cerita ini juga mengisahkan percontaan tokoh ’’aku” yang di tinggal mati oleh 2 orang wanita yang di cintai nya yang belum sempat di nikahi nya. Hingga akhir nya dia menikah dengan ifing, adik dari waning. Wanita yang sempat di cintai nya sebelum dia mati.
Novel ini patut untuk kit abaca gar kita lebih jauh mengetahui tentang suku dan adat-istiadat budaya Indonesia yang sangat beragam ini.kelemahan dari buku ini pada penokohan nya yang kuarang kuat dengan menyebutkan ’’aku” saja tanpa ada nama yang kuat yang berperann sebagai ”aku”. Serta kata-kata yang kurang di mengerti di taruh di belakang buku. Sehingga pembaca harus membolak-balik kan buku. Kelebihan dari buku ini adlah menceritakan adat orang dayak secara menarik. Amanat dari novel ini kita harus salingmenghargai kebudayaan dan kepercayaan orang lain yang sangat beragam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar